Minggu, 17 Februari 2013

Cara Mempublikasikan Hasil Flash Buatan kita dan Memasukannya Kedalam Blog

       Di dalam menu File Macromedia Flash, terdapat menu Publish untuk Online maupun Offline. Itu di karnakan dulunya aplikasi itu dibuat khusus untuk animasi dan banner di blogger atau website. Namun sekarang Macromedia Flash berkembang pesat menjadi program yang bisa menguntungkan, mendidik, dan membuat program buatan kita di kenal dan dimainkan oleh orang banyak. Mungkin kalian mengetahui banyak sekali game-game flash buatan aplikasi ini di Facebook, yang sampai sekarang masih banyak orang yang memainkannya.
       
       Untuk membuat program flash kita deteksi di Facebook, mungkin agak sedikit sulit, di samping pemahaman action scriptnya harus terkuasai, membutuhkan biaya adminitrasi lain, yang tentu besar juga. Dalam penjelasan kali ini, saya hanya akan memberi tahu cara agar game flash sederhana buatan kita dapat menjadi sebuah link yang dapat dilihat oleh orang banyak dan menjadi daya tarik tersendiri untuk pengunjung yang datang ke blogger atau website kita…  J
-Langkah Pertana, setelah kamu selesai membuat sebuah aplikasi atau game, kamu bisa mempublish program buatan itu dengan cara mendapatkan data  ‘html, swf, dan exe’ dari program tersebut.  Coba buka menu File, kemudian klik Publish Settings.  Disana akan ada tampilan chek box yang harus kamu ceklish. Dan Ceklish lah tulisan yang berakhiran  “ (.swf), (.html), dan (.exe)” .
-Langkah Kedua, sekarang klik bacaan Publish, dan tunggu beberapa saat, sampai proses selesai. Setelah proses selesai,  file-file tersebut akan langsung tersimpan bersama data (.fla) dari game / aplikasi kalian. Dan sekarang kalian mendapatkan data-data itu untuk di publish.
-Langkah Ketiga, jika belum mempunyai alamat hosting, seperti 4shared, ziddu, indowebster, mediafire, dan lain-lain, daftarkan diri kamu dulu kealamat hostingan yang cocok denganmu. Sebagai contoh, saya mendaftarkan diri di “4shared” karna terbukti mudah dan untuk pilihan Free, 4shared akan menyimpan selamanya, data file yang kita upload, tanpa harus ada peraturan, seperti  “Jika data tak ada yang mengunggah selama jangka 2 bulan lebih, maka data atau file akan dihapus. Itu sungguh peraturan yang menyebalkan.
       
        Itu sebabnya banyak orang memilih 4shared, karna walaupun untuk pilihan Free, kita akan di hadapkan pada kecepatan dan pengunggahan data yang lumayan lama, namun untuk data script atau file ber size di bawah 5 Mb ke atas,  4shared jauh lebih bisa menjadi jalan keluar untuk keamanan data kita, dan akan berada selamanya tanpa peraturan-peraturan menyebalkan.
        
         Untuk yang masih newbie tentang HOSTINGAN, saya beritahu penjelasan sedikit. Media Hostingan adalah Sebuah alamat website gratis atau premium,  yang kegunaannya untuk menyimpan data-data mesin komputer, seperti data berformat
(.rar),(.zip),(.jar),(.docx),(.gif),(.swf),(.html),(.exe),(.jpg),(.wmp),(.mp3),(.3gp), dan lain sebagainya.
        
       Kita hanya perlu mencantumkan alamat email kita dan password saja. Mungkin untuk yang lainnya, masih perlu mencantumkan data-data lain. Saat kita sudah men jadi Membeer di Website Hostingan itu, kita akan diberi BOX, (saya lebih suka bilang begitu), berupa sebuah tampungan virtual kosong yang ketentuan GB nya, telah di atur oleh Website itu. Untuk Member Free di 4shared, saya diberikan “BOX” sebesar 15 GB untuk menyimpan data-data saya. Sudah cukup bagi saya, untuk menyimpan 1000 data file (swf) yang berukuran kecil-kecil, Heeheee… :D
       
          Data yang sudah kita unggah / upload /  simpan ke dalam Hostingan, maka kita akan diberikan sebuah Link untuk mendownload data itu kembali. Yang saya tahu, sebagai pengguna 4shared, Link yang diberikan berupa alamat HTML, namun bisa kita ubah menjadi sebuah Embed / Tampilan, untuk menampilkan data-data berbentuk (.swf) dan lainnya, secara langsung. Kembali lagi ke topik semula. Upload file (.swf) dan (.html) ke alamat Hostingan kalian dan copy paste alamat LINK nya.
-Langkah keempat, Sekarang kita simak penjelasan dari blogger  trik-tips.blogspot.com  :
Cara menampilkan flash ke blog
          Untuk memasang flash ke dalam blog cukuplah mudah. Yang kamu perlukan yaitu file flash yang biasanya ber-extensi .swf lalu upload file tersebut ke hosting. misal di geocities.com ato 000webhost ato tempat hosting lainnya. File animasi flash tersebut bisa dijadikan hiasan pada blog ato bisa juga dijadikan hiasan di header sehingga membuat blog menjadi lebih animatif. Untuk memasang flash pada blog caranya sebagai berikut :

1. Login ke blogger kemudian pilih menu "Layout".

2. Kemudian klik link "Add a gadget" dimana akan ditempatkan animasi flash.

3. Pilih "HTML/Javascript" kemudian taruh script berikut :
<embed src="http://blogoholic.info/wellcome.swf" quality="high" bgcolor="white" width="500" height="100" type="application/x-shockwave-flash" pluginspage="http://www.macromedia.com/shockwave/download/index.cgi? P1_Prod_Version=ShockwaveFlash"></embed>

Contoh :

-Ganti "http://blogoholic.info/wellcome.swf" dengan alamat file flash kamu yang telah ditaruh di hosting.
 
-Ganti width="500" height="100 dengan ukuran dari file flashmu.
-Lalu simpan postingan kalian itu di Blogger. Sekarang klik = Liat Blogger, dan kalian akan melihat script tadi berubah menjadi program game / aplikasi flash kalian. Jika kalian telah install Flash Player tentunya.
-Sebagai penambah saja. Situs postingan ter gampang dan termudah Cuma ada di   4shared”
Untuk Html, juga sama caranya. Coba saja…
-Lalu…, kenapa  (.exe) tak di Upload juga…??  Itu dikarnakan sebab file (.exe) mampu dibuka di komputer yang tak ada program macromedianya sekalipun. Karna itulah untuk Presentasi Flash, saya gunakan file (exe), dan (.html) sebagai cadangan…
[ SEMOGA BERHASIL…!!!]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar